SUZUKI ALL NEW GRAND VITARA
Setelah beredar semenjak 2005, akhirnya GV (Grand Vitara) generasi tiga ini menjalani program penyegaran penampilan. Pada dasarnya tak banyak yang berubah karena Suzuki hanya me-refesh sektor fascia depan dengan grill dan lampu model baru, lalu memasang pelek desain baru.
Berbeda dengan generasi sebelumnya, grill GV terbaru kali ini terlihat sedikit lebih besar dan mengotak. Dibagian tengahnya, terdapat dominasi palang horizontal yang tebal dan dilengkapi sentuhan krom. Lampu depan yang bertumpuk memberikan kesan stylish, dinamis, dan sporti. Sedangkan bemper disegarkan dengan aksen trapesium dan dek pelindung untuk menghasilkan kesan keseluruhan yang lebih elegan dan gagah.
Tak kalah penting adalah perubahan pintu belakang yang kini tampil lebih manis. Terutama setelah penutup ban cadangan diberi imbuhan Suzuki Grand Vitara. Maklum, pintu "konde" (pintu belakang yang menggendong ban cadangan) memang menghasilkan kesan macho khas mobil penjelajah segala medan.
Selebihnya, tidak ada perubahan lain yang signifikan karena GV masih tetap mengandalkan platform dan sasis yang lama. Jika menilik langkah facelift yang dijalani GV, tampak jelas ada sebuah rencan besar yang sedang dipersiapkan dengan matang oleh Suzuki. Boleh jadi, Suzuki tengah menunggu waktu yang tepat utuk menampilkan jagoan baru pengganti GV yang sekarang beredar. Mari kita tunggu bersama-sama, kedatangan Suzuki Grand Vitara berwajah baru ini.
Eksistensi Grand Vitara di segmen SUV memang tidak terbantahkan sejak dulu sampai sekarang. Untuk keperluan tersebut, kini Grand Vitara hanya tersedia dengan satu varian (2.4 M/T dan 2.4 A/T). Bandingkan dengan para rival asal Jepang yang menyediakan varian bermesin 2,0 liter sebagai paket hemat.
Tentu saja, mesin 2,4 liter memang bukan untuk mengejar efisiensi bahan bakar. Apalagi untuk pemakaian dalam kota. Namun untuk akselerasi, kini Grand Vitara bisa bersanding dengan para rivalnya.
Grand Vitara 2.4
DIMENSIONS
|
A/T
|
M/T
| |
Overall Length
|
mm
|
4.500
| |
Overall Width
|
mm
|
1.810
| |
Overall Height
|
mm
|
1.688
| |
Wheelbase
|
mm
|
2.640
| |
Front Tread
|
mm
|
1.540
| |
Rear Tread
|
mm
|
1.570
| |
Ground Clearance
|
mm
|
200
| |
Minimum Turning Radius
|
m
|
5.4
| |
WEIGHT
| |||
Curb Weight
|
kg
|
1590
|
1575
|
Gross Vehicle Weight
|
kg
|
2100
| |
ENGINE
| |||
Type
|
j24B DOHC WT
| ||
Number of Cylinders
|
4
| ||
Number of Valves
|
16
| ||
Piston Displacement
|
cc
|
2.393
| |
Bore x Stroke
|
mm
|
84,0 x 90,0
| |
Compression Ratio
|
ps/rpm
|
10
| |
Max. Output
|
nm/rpm
|
166 / 6.000
| |
Max. Torque
|
225 / 4.000
| ||
Fuel Distribution
|
Multi Point Injection
| ||
TRANSMISSION
| |||
Type
| |||
Gear Ratio
|
1st
|
2.826
|
4.545
|
2nd
|
1.493
|
2.354
| |
3rd
|
1.000
|
1.693
| |
4th
|
0.688
|
1.241
| |
5th
|
-
|
1.000
| |
Reverse
|
2,703
|
4.431
| |
Final Gear Ratio
|
5,125
|
3.727
| |
CHASSIS
| |||
Steering
|
Rack and Pinion
| ||
Brakes
|
Front
|
Ventilated Disc
| |
Rear
|
Ventilated Disc
| ||
Suspension
|
Front
|
MacPherson Strut
| |
Rear
|
Multi Link
| ||
Tyres
|
225 / 60 R 18
| ||
CAPACITY
| |||
Fuel Tank Cap.
|
Litre
|
66
| |
Seating Cap.
|
Persons
|
5
|
Engine
| |
Engine capacity
|
1,995 cc
|
Engine type
|
16-valves DOHC
|
Compression ratio
|
9.5
|
Bore x Stroke
|
(84.0 x 90.0) mm
|
Power
|
140 bhp
|
Torque
|
183 Nm
|
Performance
| |
Acceleration
|
13.6s (0-100kmh)
|
Top Speed
|
165kmh
|
Fuel consumption
|
9.9 km\L
|
Misc technical data
| |
Transmission
|
4-speed (A)
|
Drive type
|
FWD
|
Measurements
| |
Body Type
|
SUV
|
Dimensions (L x W x H)
|
(4500 x 1810 x 1683)mm
|
Wheelbase
|
2,640mm
|
Min turning radius
|
5,500mm
|
Kerb weight
|
1,658kg
|
Fuel tank capacity
|
66L
|
Brakes
| |
Brakes (Front)
|
Ventiliated disc
|
Brakes (Rear)
|
Ventiliated disc
|
Suspension
| |
Suspension (Front)
|
MacPherson strut
|
Suspension (Rear)
|
Multi-link
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar